alt/text gambar alt/text gambar alt/text gambar alt/text gambar
Posted by : Unknown Senin, 10 November 2014

Proses penginstallan program ini hanya mengcopy file anim8or.exe. dan software ini digunakan untuk menggambar objeknya.

  .      Pertama-tama kita tetapkan dulu tampilan viewnya dengan front agar memudahkan dalam pembuatan, setelah itu buat dahulu dasar dari objek kepala yang ingin dibuat yaitu bulat (klok tool add sphere) dan convert  ke mesh dengan mengklik menu build → convert to mesh



  .      setelah itu buat object badan dengan menggunakan tool add sphere, lalu aturlah posisi badan itu dengan menggunakan tool move dan convert  ke mesh dengan mengklik menu build → convert to mesh Sehingga hasilnya seperti dibawah ini :


  .   Kemudian buatlah object kaki dengan menggunakan tool add Cylinder dengan  mendrag pada layar. Setelah itu klik dua kali pada silinder itu dan aturlah diameter awal dan akhir agar silinder itu seperti gambar kaki doraemon. Setelah itu di convert ke mesh.  Berikut ini gambar editor : 


Kemudian aturlah posisi kaki itu dengan tool move sesuai dengan badan doraemon itu. Setelah di atur maka copy silinder itu dengan cara klik menu edit → copy dan edit → paste. Setelah itu aturlah posisinya sesuai dengan pola doraemon. Sehinggar gambarnya seperti di bawah ini : 


       Kemudian buatlah sepatu doraemon dengan menggunakan tool sphere. Kemudian buatlah bulatan yang pipih menyerupai kaki doraemon dengan cara sbb :

  • Convert dahulu ke mesh (menu build → convert to mesh )
  • Kemudian rubah tampilan objek menjadi wireframe (klik tool)
  • Kemudian klik tool untuk membuat bulatan yang pipih dengan cara mendragnya hingga berbentuk bulatan yang pipih
  • Kemudian rubah tampilan view ke LEFT dan pindahkan posisi sepatu itu tepat di bagian bawah kaki dengan menggunakan tool move
  • Setelah itu copy sepatu itu hingga dua dan pasangkan ke kaki yang sebelanya. Sehingga gambarnya seperti di bawah ini :

      Langkah selanjutnya adalah membuat pergelangan tangan dan jari tangan doraemon. Langkah-langkahnya sama seperti pembuatan kaki dan hanya bedanya diameter awal dan akhirnya di kecilkan. Seperti gambar di bawah ini :

Kemudian buatlah pergelangan tangan doraemon dengan menggunakan add sphere karena tangan doraemon itu berbentuk bulat. Hasilnya seperti gambar dibawah ini :


      Kemudian buatlah aksesoris kalung doraemon yang berbentuk bulat serta ekor yang berbentuk bulat. Dengan menggunakan add sphere dan aturlah diameter dengan mengklik dua kali bulatan itu sehingga muncul Sphere editor. Seperti dibawah ini :


Aturlah diameternya sesuai dengan pola doraemon.dan pilihlah tampilan view left / view right pada saat memasukkan aksesoris dan ekor doraemon. Dan jangan lupa untuk id convert ke mesh. Gambarnya seperti gambar di bawah ini :


Setelah itu buatlah pola mata dan hidung dengan cara mengklik tool add sphere kemudian drag dan buatlah bulatan yang sesuai dengan mata bagian putih doraemon. Setelah itu pindahkan ke posisi view kiri / kanan agar mudah memindahkan mata itu ke kepala doraemon. Dan copy menjadi dua bola mata itu untuk mata yang sebelahnya. Setelah itu buat bola mata bagian yang kecil dengan langkah yang sama dengan pembuatan bola mata putih doraemon. Kemudian untuk membuat hidung gunakan tool add sphere dengan diamer yang kecil. Setelah itu tempelkan dengan menggunakan tool move dan posisi tampilan view right / left. Dan jangan lupa untuk mengconvert mata dan hidung itu ke dalam mesh. Berikut ini adalah gambar mata dan hidung doraemon :

      kemudian buatlah mulut dan kumis doraemon. Untuk mulut kita menggunakan tool add sphere. Langkah-langkahnya sebagai berikut :



  • Rubah tampilan view menjadi left / right
  • Buat bulatan dengan klik tool add sphere dan drag mouse sehingga menghasilkan bulatan
  • Kemudian rubah tampilan objek menjadi wireframe (klik tool)
  • Kemudian klik tool untuk membuat bulatan yang pipih dengan cara mendragnya hingga berbentuk bulatan yang pipih
  • Kemudian rubah tampilan view ke Front dan aturlah lebar dan kecilnya mulut dengan menggunakan tool
  • Setelah sesuai pindahkan view ke left/right dan pindahkan posisi mulut itu tepat di bagian bawah hidung. dan gambarnya seperti dibawah ini :


Kemudian untuk mempercantik buat pula kumis dari doraemon itu dengan menggunakan add cylinder dan rubahlah rotasi kumis itu dengan menggunakan tool . Lalu buat pula kantong ajaib dan perut berwarna putih dengan langkah-langakh sebagai berikut :

  • Klik menu build → primitives → N-gone. Buatlah object dengan sisi sebanyak 10 
  • Setelah itu drag sehingga menghasilkan object
  • Klik menu build → extrude. Dan aturlah seperti gambar di bawah ini :
  • Klik oke dan Convert dahulu ke mesh (menu build → convert to mesh )
  • Setelah itu rubuh objek itu menyerupai segitiga dan kemudian seleksilah bagian atas lingkaran itu lalu aturlah node-node yang telah di seleksi hingga membentuk kantong doraemon.
  • Setelah sesuai pindahkan view ke left/right dan pindahkan posisi kantong itu tepat di tengah-tengah perut dan gambarnya seperti dibawah ini :
 

  • Kemudian untuk pembuatan perut berwarna putih, langkah-langkahnya sama dengan pembuatan kantong. Dan hasilnya seperti gambar di bawah ini :

Untuk pewarnaan gunakalah tool  yang ada di software tersebut untuk memunculkan pallete warna. Klik object yang akan di warnai. Kemudian klik 2 new dan muncullah Material editor. Aturlah warna sesuai dengan warna pada doraemon.

Berikut ini adalah tampilan doraemon dari


Sekian dan Terima kasih ^^

- Copyright © SUFLADA - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -